Mobil listrik: jenis colokan apa yang kompatibel?

Mobil listrik: jenis colokan apa yang kompatibel?

Dengan munculnya mobil listrik, banyak yang masih bertanya-tanya tentang pengisian daya dan berbagai jenis outlet yang ada untuk pengisian ulang. Kita akan membahas tentang busi utama yang kompatibel dengan mobil listrik saat ini.

Ada banyak outlet untuk mengisi ulang kendaraan listrik, totalnya ada sekitar empat puluh pada saat penulisan. Anda tidak akan menemukan semuanya di Prancis tentu saja, sebagian besar khusus untuk negara tertentu, atau bahkan untuk kendaraan tertentu, yang tidak dipasarkan sendiri di Prancis. Sebelum kita mulai, mari kita perjelas bahwa ada dua jenis catu daya:  AC (arus bolak-balik) dan DC (arus searah) . Arus bolak-balik adalah cara termudah untuk mengisi daya mobil Anda hari ini karena stopkontak rumah Anda menggunakan arus bolak-balik. Sayangnya, ini belum tentu cara tercepat untuk top up.

Stasiun pengisian cepat generasi terbaru dapat mencapai hingga 200 kW , atau bahkan lebih sekarang, berkat penggunaan arus searah. Beberapa mobil masih menerima begitu banyak kapasitas pengisian, hanya model kelas atas ( Tesla Model 3 , Audi e-tron, dll.) Yang memanfaatkan kapasitas ini sepenuhnya, cukup untuk mencapai 0 hingga 80% hanya dalam waktu singkat. lebih dari 30 menit hampir. Solusi praktis untuk mobil dengan baterai besar, seperti Audi e-tron , misalnya, mengklaim 95 kWh. Tentang Peugeot e-208atau DS 3 Crossback E-Tense, kapasitas isi ulang maksimumnya adalah 100 kW, yang memungkinkan mereka, mengingat baterainya (sekitar 50 kWh), juga mengisi dengan elektron hanya dalam 30 menit. Sebaliknya, yang lain meminta sedikit lebih banyak waktu.

Dalam semua kasus, semua dilengkapi dengan soket pengisi daya, tetapi belum tentu jenis soket yang sama. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk mengisi daya mobil listrik Anda, jadi kami telah memilih outlet paling umum di Prancis dan Eropa untuk mengisi daya kendaraan Anda, ke mana pun Anda ingin pergi.

DOMESTIKASI

Ini adalah gerai “klasik” yang melengkapi rumah dan garasi Anda. Semua mobil listrik saat ini dipasarkan dengan kabel pengisi daya yang memungkinkan Anda menghubungkan soket kendaraan ke rumah Anda. Solusi ini paling sederhana saat ini. Namun, pastikan untuk menggunakan soket yang dapat diisolasi dari bagian lain dari instalasi dan yang memiliki pemutus arus sendiri. Memang, sebuah mobil bisa menggunakan arus 10A, yang menimbulkan risiko terkait kelebihan beban.

Untuk ini, ada juga soket Green-Up yang diperkuat yang memungkinkan pengisian ulang dalam 14A. Stopkontak listrik ini harus disertai dengan pemutus sirkuit diferensial yang sesuai. Direkomendasikan untuk menggunakan kabel dengan modul kontrol. Jelas sekali, pengisian ulang sangat lambat karena daya tidak melebihi 3 kW , yang memungkinkan untuk memperoleh otonomi sekitar 12 hingga 13 kilometer dalam waktu satu jam pengisian. Namun, ini mungkin cocok untuk mereka yang melakukan perjalanan singkat setiap hari dan menagih mobil mereka semalaman.

KETIK 2

Steker tipe 2 saat ini ditemukan pada sebagian besar kendaraan listrik. Ini adalah standar Eropa dan terletak di sisi infrastruktur dan sisi kendaraan. Kabel dapat membawa hingga 43 kW dalam arus bolak-balik tiga fase dan juga dapat mentransfer lebih dari 50 kW dalam arus searah . Kabel dapat dipasok kepada Anda dengan mobil listrik Anda, namun, di stasiun pengisian cepat, Anda juga dapat menemukan kabel yang dimaksud langsung terpasang ke terminal, seperti pistol di pompa bensin singkatnya. Hampir semua kendaraan listrik yang ada di pasaran saat ini menggunakan steker Tipe 2. Kita bisa mengutip, misalnya BMW i3, Tesla Model 3 atau Renault Zoe .

BACA JUGA  Mobil listrik mana yang memiliki jangkauan paling Jauh?

Keanehan kecil, bagaimanapun, untuk Tesla  yang telah memilih penggunaan yang berbeda dengan teknologinya sendiri, terletak di antara arus bolak-balik tiga fase dan arus searah. Anda akan menemukan soket Tipe 2 pada Supercharger, dengan beberapa modifikasi fisik untuk memungkinkannya menghasilkan hingga 120 kW. Jelas, dalam kasus seperti itu, Anda tidak akan dapat mengisi daya Nissan Leaf atau Peugeot e-208 Anda di jaringan pengisian Tesla.

KETIK 3C

Anda mungkin tidak akan pernah melihat soket ini jika Anda membeli mobil listrik baru, meskipun masih dapat digunakan jika Anda memiliki kabel yang tepat. Di sisi lain, jika Anda mengarahkan pandangan Anda pada Renault Zoe generasi pertama, pemilik sebelumnya pasti akan memberi Anda steker Tipe 3C karena kabel disediakan sebagai standar. Itu secara eksklusif dipasarkan di Prancis, hingga harmonisasi Eropa pada 2013 mendukung penggunaan eksklusif soket Tipe 2. Di terminal lama, masih mungkin untuk menemukan 3C. Soket ini memungkinkan pengisian daya yang lambat dan dipercepat hingga 22 kW dalam arus bolak-balik satu fase atau tiga fase .

TIPE 1

Sekalipun steker Tipe 1 tetap menjadi standar di beberapa negara, terutama yang dilengkapi dengan jaringan 110 volt (seperti Jepang atau Amerika Serikat), jenis steker ini memungkinkan pengisian daya yang lambat hingga semi-akselerasi. Hingga 7,4 kW dalam satu kali- fase arus bolak-balik . Itu juga jenis colokan yang kami temukan saat Autolib masih berfungsi. Sebagian besar mobil yang dilengkapi adalah mobil Asia atau Amerika, misalnya Nissan Leaf generasi pertama, Toyota Prius Plug-In, Peugeot Ion (berdasarkan Mitsubishi iMiev) atau Chevrolet Volt.

CHADEMO

Soket ini didedikasikan untuk pengisian cepat dan terutama ditemukan pada kendaraan listrik Asia. Konektor ini dibuat pada tahun 2010. Sebagai catatan, ini adalah pelesetan dari “O cha demo ikaga desuka” dalam bahasa Jepang, yang artinya “Ayo minum teh sambil mengisi daya” . Soket ini dibuat untuk menstandarkan konektor pengisian daya. Pertama kali melakukan debutnya di Jepang, sebelum menaklukkan dunia berkat kesuksesan Nissan Leaf yang masih dilengkapi konektor jenis ini, bahkan dalam versi terbarunya. Mitsubishi Outlander PHEV, duo Peugeot Ion dan Citroën C-Zéro, Nissan Leaf generasi lama dan baru, atau Tesla Model S dan Model X, melalui adaptor, dapat dihubungkan ke terminal CHAdeMO.

Protokol ini memungkinkan kendaraan yang dilengkapi dengannya diisi ulang dengan arus searah dan hingga 400 kW dengan revisi terbaru . Saat ini, tidak ada mobil yang memungkinkan tingkat pengisian ulang seperti ini, dan bahkan lebih sedikit mobil yang dapat diisi ulang dengan jenis steker ini. Sebuah Nissan Leaf, misalnya, dapat melakukan pengisian maksimum 100 kW pada versinya yang dilengkapi dengan baterai 62 kWh. Tidak ada kabel CHAdeMO yang tersedia terpisah dari konektornya (meskipun ada kotak konverter seluler, tetapi ini mahal dan sangat besar), keduanya selalu berjalan bersamaan. Oleh karena itu, Anda harus pergi ke terminal untuk mengisi ulang daya mobil listrik Anda melalui soket jenis ini.

BACA JUGA  Cara Hapus semua data dari iPhone atau iPad

KETIK 2 CCS COMBO

Saat ini, ini adalah standar Eropa untuk pengisian cepat. Ini merupakan perpanjangan dari steker Tipe 2 klasik. Soket CCS Combo Tipe 2 (untuk  Sistem Pengisian Gabungan) secara bertahap diutamakan daripada CHAdeMO. Secara umum, hampir semua mobil listrik yang dijual di Prancis, dan yang menerima pengisian daya cepat minimal 50 kW, dilengkapi dengan steker ini. Audi e-tron, Mercedes EQC , Jaguar I-Pace, Hyundai Kona electric, Peugeot e-208… Bahkan Tesla baru-baru ini memasang Model 3 yang dikirim di Eropa dengan soket CCS Combo. Solusi CHAdeMO tampaknya semakin menjauh, terutama karena pengembangan jaringan stasiun pengisian daya cepat di Eropa didasarkan pada standar Combo CCS, sebagaimana dibuktikan oleh jaringan Ionity yang secara bertahap digunakan di Internet. Benua Tua.

P17 BIRU (BERKEMAH)

Anda juga dapat mengisi ulang mobil listrik jika Anda berkemah menggunakan steker jenis P17, atau yang lebih sering disebut “steker biru”. Semua tempat perkemahan yang dilayani harus bisa menyediakan outlet P17 untuk Anda. Anda juga dapat menemukannya di marina. Untuk menggunakannya, tidak ada yang lebih sederhana, Anda hanya perlu membeli adaptor yang akan Anda temukan di toko DIY mana pun dengan harga dua puluh euro. Adaptor memiliki dua tip, salah satu jenis “berkemah” dan yang lainnya jenis “steker rumah tangga”. Ini dirancang untuk mengisi ulang hingga 16A. Apa yang harus dipecahkan jika Anda melewati malam di tempat perkemahan, dan Anda perlu menempuh beberapa kilometer untuk perjalanan Anda keesokan harinya.

BAGAIMANA CARA MENGISI DAYA MOBIL LISTRIK SAYA DI RUMAH?

Ada beberapa cara untuk mengisi daya mobil listrik Anda di rumah. Stopkontak rumah tangga pasti merupakan cara termudah untuk mengisi ulang, meskipun itu bukan solusi yang paling aman. Pegangan Green-Up yang diperkuat bisa menjadi solusi yang baik, misalnya. Beberapa pabrikan juga menawarkan pemasangan Kotak Dinding di rumah Anda, semacam kotak yang dipasang di dinding, dengan perangkat keselamatan terintegrasi yang juga memungkinkan pengisian lebih cepat dibandingkan dengan soket domestik standar.

Kelemahan dari Wallbox adalah harganya, antara 500 dan 1000 euro, ditambah biaya pemasangan tergantung pada lokasi, di mana Anda harus menambahkan antara 300 dan 600 euro. Beberapa perusahaan juga menawarkan layanan mereka untuk mengurus pemasangan perangkat semacam itu dari A hingga Z, tetapi juga beberapa langkah yang harus diambil, terutama jika Anda berada dalam kepemilikan bersama.

SOKET APA YANG DIGUNAKAN UNTUK PENGISIAN CEPAT?

Untuk meringkas apa yang kami jelaskan sedikit di atas, tidak semua soket cocok untuk pengisian cepat. Faktanya, di Eropa, kami hanya akan mempertahankan tiga.

  • Soket Tipe 2 , yang dapat mentransfer lebih dari 50 kW dalam arus searah. Pada Supercharger, outlet Tipe 2 yang “ditingkatkan” dapat mencapai hingga 150 kW.
  • Soket CHAdeMO , yang berangsur-angsur menghilang di Eropa, tetapi memungkinkan untuk mengisi ulang hingga 400 kW dengan protokol baru, bahkan jika tidak ada mobil listrik saat ini yang dapat mendukung kapasitas pengisian seperti itu.
  • Soket CCS Combo Tipe 2 , standar Eropa yang melengkapi mobil yang dapat diisi ulang hingga lebih dari 50 kW. Bahkan Tesla mulai sejak Model 3 dikirim di Eropa memiliki adaptor khusus. Di stasiun Supercharging, semua terminal sekarang dilengkapi dengan konektor ini. Semuanya disediakan untuk pengguna Model 3. Bahkan ditunjukkan langsung di terminal.
BACA JUGA  Bagaimana cara mengurangi ukuran GIF animasi?

DAPATKAH SAYA MEMASANG STASIUN PENGISIAN CEPAT DI RUMAH?

Di rumah, stasiun pengisian daya cepat bukanlah yang mampu memasok 50 hingga 100 kW, melainkan Wallbox. Kapasitas pengisian Wallbox bervariasi tergantung pada konfigurasi yang ditawarkan oleh produsen. Secara umum, Wallbox tidak melebihi 22 kW. Memang, selain pemasangan boks, itu akan menjadi semua koneksi yang akan ditinjau serta kontrak Anda dengan pemasok energi. Waktu pengisian pada Wallbox pada dasarnya identik dengan terminal publik karena mereka mengirimkan, tergantung pada konfigurasi teknis, antara 3 dan 22 kW dalam arus bolak-balik.

Contoh kotak dinding

APA JARINGAN PENGISIAN LISTRIK UTAMA DI PRANCIS?

Seperti busi, ada banyak dari mereka. Pertama-tama, kita harus membedakan antara jaringan pengisian daya Eropa dan Prancis. Di sisi jaringan Eropa, kami menemukan terutama Tesla Supercharger , di mana 400 stasiun dari beberapa terminal di seluruh Eropa. Kami juga menemukan terminal Lidl, tempat raksasa supermarket Eropa saat ini memiliki 402 stasiun pengisian daya yang ditempatkan di tempat parkir mobil supermarketnya.

Untuk melangkah lebih jauh
Apa itu Ionitas? Jaringan pengisi daya super listrik

Jaringan Ionity , hasil konsorsium antara beberapa produsen mobil, cenderung berkembang secara eksponensial dan pada saat penulisan ini ditulis hanya memiliki kurang dari 200 stasiun pengisian daya di Eropa. Targetnya adalah 400 dalam beberapa bulan. Masih di Benua Lama, kita bisa mengutip jaringan Allego, terutama terkonsentrasi di Belanda dan negara-negara perbatasannya, atau jaringan Fastned, juga terkonsentrasi di Belanda, sekalipun kita dapat mengandalkan beberapa stasiun di Kingdom – United, di Jerman atau di Prancis. Beberapa dealer mobil juga dilengkapi dengan stasiun pengisian cepat.

Pengisi Ionitas // Kredit: Ionitas

Prancis juga mengandalkan jaringan pengisian ulang nasionalnya, yaitu jaringan Corri-Door yang dikelola oleh anak perusahaan EDF Izivia. Ini memiliki 227 stasiun pengisian, hampir secara eksklusif terletak di area layanan jalan raya. Namun, jaringan mulai rusak dan beberapa terminal sering rusak. Perusahaan minyak juga secara bertahap mulai menyiapkan stasiun pengisian cepat di stasiun layanan mereka, seperti Total atau BP. Bisnis, hotel, atau bahkan supermarket tertentu juga dapat menawarkan layanan jenis ini. Komunitas dan organisasi lokal tertentu mungkin juga memiliki kemungkinan untuk menyebarkan terminal.

BAGAIMANA CARA SAYA MEMBAYAR TOP-UP SAYA?

Anda mungkin sudah berada di depan stasiun pengisian daya, tanpa memiliki sarana untuk membayar konsumsi listrik Anda. Harus diakui, hal ini sangat tidak praktis, apalagi bila kita menggambar paralel dengan bengkel yang hampir semuanya dilengkapi dengan terminal pembayaran kartu. Untuk mobil listrik, cara termudah adalah mendapatkan lencana operator mobilitas seperti Chargemap pass atau New Motion. Dengan satu lencana, Anda akan dapat mengakses ribuan terminal, mengetahui lokasinya, tetapi juga melihat faktur di akun pelanggan Anda.

You May Also Like

About the Author: putratekno

Kami suka sekali dengan perkembangan teknologi dan di sini kami akan berbagi berita tentang teknologi yang terbaru dan terpopuler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *