Cara Menggunakan dan Setting Samsung Wi-Fi Direct

Cara Menggunakan dan Setting Samsung Wi-Fi Direct

Cara Menggunakan dan Setting Samsung WiFi Direct  – Apa itu Samsung Wi-Fi Direct ? Fitur ini tersedia di smartphone Android. Android menawarkan daftar lengkap fitur dan pengaturan. Wi-Fi Direct adalah salah satu yang cenderung diabaikan oleh banyak pengguna. Wi-Fi Direct memungkinkan kamera, ponsel, printer, dan komputer membuat jaringan nirkabelnya sendiri tanpa sambungan Internet yang berfungsi.

Menggunakan Wi-Fi Direct, pengguna dapat menghubungkan ke perangkat lain untuk mengirim atau menampilkan konten. Tidak hanya itu, mereka bahkan dapat memainkan game atau berbagi aplikasi dengan mudah dan cepat melalui Wi-Fi Direct. Di sini, Anda tidak perlu terhubung ke jalur akses atau jaringan untuk terhubung ke perangkat terdekat.

Jadi, ini adalah cara terbaik untuk berinteraksi dengan perangkat lain. Jika Anda bertanya-tanya mengapa fitur ini lebih baik daripada Bluetooth, teruslah membaca. Jadi mari kita lihat apa itu Wi-Fi Direct dan bagaimana fitur ini dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat secara nirkabel.

Bagian 1. Pengantar Wi-Fi Direct

Ketika Wi-Fi disebutkan, kebanyakan orang langsung berpikir untuk berselancar di Internet. Namun, Wi-Fi Direct tidak hanya itu. Jadi Wi-Fi Direct disertifikasi oleh Wi-Fi Alliance, dengan lebih dari 600 anggota seperti LG, Microsoft, Apple, Dell dan Intel.

Banyak smartphone saat ini mendukung Wi-Fi Direct. Ini termasuk kamera digital, laptop dan tablet. Pada 2010, Samsung Galaxy S dirilis, yang menjadi perangkat seluler pertama dengan dukungan Wi-Fi Direct. Dimulai dengan Android 4.0 (atau Ice Cream Sandwich), setiap perangkat Android secara bawaan mendukung Wi-Fi Direct.

BACA JUGA  Cara menggunakan Word, Excel dan Powerpoint (Office) secara gratis?

Wi-Fi Direct dapat dianggap sebagai semacam Wi-Fi generasi kedua. Ini karena memungkinkan smartphone yang kompatibel untuk membentuk interkoneksi dengan perangkat yang memiliki koneksi Internet. Perangkat ini dapat berupa modem, router, atau titik akses. Menggunakan Wi-Fi Direct, pengguna dapat membuat jaringan di antara perangkat yang berbeda secara nirkabel.

Selain itu, pengguna dapat menggunakan fitur ini bersama dengan Miracast untuk berbagi layar di perangkat tampilan lain. Selain itu, versi terbaru Wi-Fi Direct bahkan mendukung NFC.

PS: Mari kita cari tahu cara menggunakan Miracast Windows 7 dan cara memperbaiki Smart Switch yang macet di rilis 99 dengan mudah.


Bagian 2. Mengapa menggunakan Samsung Wi-Fi Direct?

Seperti yang dinyatakan di atas, Wi-Fi Direct memungkinkan perangkat yang tidak memiliki koneksi Internet untuk terhubung ke perangkat yang memilikinya. Sedangkan untuk smartphone Android dan perangkat lainnya, Anda dapat dengan cepat menghubungkan dan mentransfer file tanpa menggunakan kabel.

Jadi, apakah Wi-Fi Direct adalah bentuk Bluetooth yang dimuliakan? Mungkin atau mungkin tidak. Keuntungan menggunakan Wi-Fi Direct melalui Bluetooth adalah kecepatan transmisi dan jangkauan Wi-Fi jauh lebih tinggi daripada Bluetooth. Singkatnya, Anda dapat menggunakan Wi-Fi Direct jika Anda mencari cara terbaik untuk mentransfer file antar perangkat.

Di smartphone Android, Anda dapat menggunakan Samsung Wi-Fi Direct untuk berbagi file. Ini adalah alternatif yang bagus untuk berbagi file Bluetooth. Hal ini disebabkan fakta bahwa Bluetooth memiliki kecepatan transmisi yang lebih rendah dan jangkauan yang lebih pendek.

Wi-Fi Direct memungkinkan Anda menghubungkan lebih dari dua tablet atau smartphone. Jadi, tidak diperlukan koneksi internet. Aplikasi utama Samsung Wi-Fi Direct adalah tampilan layar, pencetakan dokumen, dan berbagi file pada smartphone Android.

Sekarang mari kita lihat bagaimana Anda dapat menggunakan fitur luar biasa ini di perangkat Android. Metode yang tercantum di sini berfungsi untuk perangkat Samsung yang menjalankan Android 9, 8, dan 7.

BACA JUGA  Perbandingan antara OPPO Find X2 Pro dan OnePlus 8 Pro

Juga, mari cari tahu lebih lanjut tentang cara memperbaiki masalah seperti Samsung Smart Switch tidak berfungsi atau Samsung Smart Switch membutuhkan waktu lama tanpa banyak usaha.


Bagian 3: Cara Menggunakan Samsung Wi-Fi Direct

Jadi Anda bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan Samsung Wi-Fi Direct  di perangkat Anda? Jika demikian, maka sangat mudah untuk melakukannya. Fungsi ini dapat digunakan untuk menghubungkan ke perangkat lain dan mentransfer file ke perangkat lain sebagai berikut.

Menggunakan Wi-Fi Direct di Android Nougat, Oreo, dan Pie

Ikuti petunjuk di bawah ini untuk menghubungkan ke perangkat Wi-Fi Direct Samsung lainnya .

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama-tama, kunjungi ‘ Pengaturan di perangkat Anda dan kemudian klik sambungkan ‘.

Langkah 2. Ketuk “Wi-Fi”.

Dari sana, klik tab ” Wi-Fi” .

Langkah 3. Pilih “Wi-Fi Direct”

Setelah itu pilih opsi ‘ Wi-Fi Direct . Pastikan Wi-Fi Direct dihidupkan di semua perangkat. Pastikan juga mereka terlihat.

Langkah 4: Pilih perangkat

Di bagian ‘ Perangkat yang Tersedia ‘, pilih perangkat yang ingin Anda sambungkan.

Langkah 5: Hubungkan perangkat Anda

Perangkat Anda sekarang terhubung melalui Wi-Fi Direct. Setelah terhubung, nama perangkat akan ditampilkan dengan warna biru. Untuk memutuskan perangkat, klik sekali pada nama perangkat.

Employ Wi Fi Direct on Android Nougat Oreo and Pie 2 756x512 1

Jadi, inilah cara Anda dapat terhubung ke perangkat lain melalui Wi-Fi Direct. Jika Anda suka mentransfer file antar perangkat, teruslah membaca.

Cara Menggunakan Samsung Wi-Fi Direct untuk Mengirim File Antar Perangkat

Tablet dan smartphone Samsung bekerja sangat baik dengan Wi-Fi Direct. Perangkat sebelumnya seperti Galaxy S6 / S5 dapat terhubung ke model yang lebih baru seperti Galaxy S10s / S9 dengan mulus. Untuk menghubungkan perangkat Anda melalui Samsung Wi-Fi Direct, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1. Ketuk opsi Bagikan.

Pertama, Anda perlu membuka file yang ingin Anda kirim. Untuk melakukan ini, tekan dan tahan file. Setelah itu klik pada ikon Bagikan tombolnya ada di sisi kanan.

Cara Menggunakan Samsung Wi-Fi Direct untuk Mengirim File Antar Perangkat

Langkah 2. Pilih “Wi-Fi Direct” 

Dari daftar opsi yang disajikan di sana, klik pada ‘ opsi Wi-Fi Direct .

BACA JUGA  Apa smartphone terbaik untuk dibeli pada tahun 2021

Langkah 3. Klik “Bagikan” 

Di bawah ‘ Perangkat yang Tersedia ‘, ketuk pada tablet atau ponsel tempat Anda ingin mengirim file. Setelah dipilih, Anda perlu mengklik ikon tab Bagikan .

Harap dicatat, jika Anda ingin mencetak file, silakan pilih printer Wi-Fi Direct. Jika Anda ingin mentransmisikan tablet atau layar ponsel ke TV Anda, klik Wi-Fi Direct TV.

Langkah 1. Pilih “File Diterima”.

Di perangkat penerima, Anda perlu memilih ‘ Pemberitahuan file diterima .

Langkah 2. Lihat file

Di bawah daftar file ini, klik file yang dihasilkan untuk membuka atau melihatnya.

Langkah 3. Transfer file

Pemberitahuan muncul di perangkat pengirim yang memberi tahu Anda bahwa file Anda telah berhasil ditransfer.

Langkah 3. Transfer file

Harap ingat untuk mematikan Samsung Wi-Fi Direct setelah Anda selesai menggunakannya untuk menghemat daya. Untuk mematikan Wi-Fi Direct, Anda harus memutuskan koneksi dari semua smartphone yang dipasangkan.

Setiap perangkat seluler Android yang menjalankan Android 4.0 atau lebih baru mendukung Wi-Fi Direct. Namun, ada pengecualian yang sangat jarang. Meskipun antarmuka pengguna sistem Anda mungkin berbeda, fungsionalitas penyiapannya relatif seragam dan mudah di seluruh perangkat.

Tidak seperti Bluetooth, tidak ada tombol atau apa pun yang Anda ingin pilih untuk mengaktifkan Wi-Fi Direct. Wi-Fi Direct menyala saat Anda mengakses koneksi internet yang stabil. Ini tidak berarti Samsung Wi-Fi Direct selalu aktif. Perangkat Anda hanya mulai mencari smartphone terdekat untuk dihubungkan ketika Anda memilih ‘ opsi Wi-Fi Direct .

Perhatikan bahwa pengguna harus mengaktifkan opsi Wi-Fi Direct di TV, laptop, printer, atau perangkat lain yang ingin mereka sambungkan. Aktifkan juga fitur ini di ponsel cerdas Anda menggunakan petunjuk di atas.

Juga, berikut adalah Alternatif Samsung Smart Switch teratas untuk referensi Anda.


Jadi Wi-Fi Direct adalah fitur luar biasa yang memungkinkan Anda terhubung ke perangkat lain secara nirkabel. Plus, ini menawarkan cara luar biasa untuk mentransfer file ke perangkat lain dengan mulus. Dibandingkan dengan Bluetooth, Wi-Fi Direct menawarkan jangkauan dan kecepatan transfer yang lebih besar. Jadi, gunakan Samsung Wi-Fi Direct  untuk menghubungkan perangkat Samsung Anda ke perangkat lain. Untuk menyelesaikan tugas ini, ikuti metode di atas! Sekarang bagikan konten dengan lancar melalui Wi-Fi Direct.

You May Also Like

About the Author: putratekno

Kami suka sekali dengan perkembangan teknologi dan di sini kami akan berbagi berita tentang teknologi yang terbaru dan terpopuler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *