Cara memindahkan Kode QR di Android atau dengan iPhone

Cara memindahkan Kode QR di Android atau dengan iPhone

Kode QR (Kode Respon Cepat ) menjadi populer dengan munculnya ponsel yang dilengkapi dengan kamera. Mereka memungkinkan untuk menampilkan informasi (tautan ke halaman web paling sering) secara grafis, yang dapat dipindai oleh perangkat seluler kami. Formatnya yang sangat khusus memungkinkan untuk di-flash dan diinterpretasikan dengan cepat oleh perangkat, sambil memastikan validitas informasi, berkat redundansi data. Berikut adalah cara mem-flash Kode QR dengan ponsel cerdas.

CARA MEM-FLASH KODE QR DI ANDROID

DENGAN GOOGLE LENS DI ANDROID

Google mengintegrasikan fungsi ini dengan Google Lens, bagian yang didedikasikan untuk citra Asisten Google. Semua smartphone yang mengintegrasikan Google Lens dapat mengakses fungsi ini, khususnya yang tidak memiliki antarmuka pabrikan seperti smartphone yang menjalankan Android One , atau smartphone Nokia  dan Sony .

Untuk memindai Kode QR dengan Google Lens:

  1. Buka Google Lens (ikon persegi yang mengingatkan kita pada kamera, di Asisten Google)
  2. Arahkan kamera ke Kode QR
  3. Tunggu hingga titik biru muncul di tengah Kode QR
  4. Tekan titik biru untuk membuka konten Kode QR

Inilah yang diberikan dalam gambar:

Jika perangkat Anda tidak memiliki Google Lens, atau jika Google Lens tidak dapat menafsirkan Kode QR dan sering kali di Android, metodenya mungkin berbeda tergantung pada antarmuka ponsel cerdas, yang dikembangkan oleh pabrikannya.

DENGAN SMARTPHONE HUAWEI ATAU HONOR

Dengan Huawei , atau Honor , cara termudah adalah dengan menggeser jari Anda ke atas, dari layar kunci ponsel, untuk menampilkan pintasan ke aplikasi pemindaian EMUI. Ini memiliki ikon yang mengingatkan pada Kode QR, atau mata, tergantung pada versinya. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk membuka Kode QR yang disimpan di ponsel, di galeri gambar. Itu juga dapat diakses dari mesin pencari ponsel, dengan menggesek ke bawah di desktop.

BACA JUGA  Perbedaan antara iPhone Xs dan iPhone X

DENGAN SMARTPHONE XIAOMI

Pada smartphone Xiaomi dengan antarmuka MIUI , Anda harus melalui kamera untuk mem- flash QR Code. Biasanya, opsi ini diaktifkan secara default, tetapi jika tidak demikian, Anda harus memeriksa opsi ”  Pindai kode QR  ” di pengaturan kamera.

DENGAN SMARTPHONE SAMSUNG

Untuk melakukan flash QR Code di smartphone Samsung , kamu harus melalui asisten pabrikan asal Korea yaitu Bixby . Cukup picu Bixby Vision dengan mengetuk mata di aplikasi kamera Samsung dan pilih “Kode QR” saat asisten mendeteksi gambar untuk dipindai.

DENGAN SMARTPHONE ASUS

Di sisi Asus , integrasinya sangat sederhana: cukup buka kamera dan arahkan ke Kode QR agar telepon dapat menerjemahkan gambar dan menawarkan untuk membuka tautan.

DI IOS DENGAN IPHONE

Sejak pembaruan iOS 11 diluncurkan pada 2017, iPhone secara asli mengintegrasikan pembaca Kode QR. Untuk mem-flash kode, yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Buka kamera
  2. fokus pada Kode QR
  3. tekan pemberitahuan yang ditampilkan dengan informasi yang diterjemahkan

Ini dilakukan dengan cepat dan sederhana, tanpa perlu melalui aplikasi dari App Store.

Jika karena alasan tertentu Kode QR yang akan dipindai ada di iPhone itu sendiri, misalnya di halaman web yang Anda kunjungi. Maka perlu:

  1. buka halaman web yang dimaksud dengan Safari
  2. gunakan Force Touch pada QR Code untuk Safari untuk menafsirkannya
  3. gerakkan pop-up yang muncul ke atas untuk membuka tautan yang tertulis dalam Kode QR dengan Safari

Dengan dua metode ini, Kode QR seharusnya tidak lagi menimbulkan masalah di iOS.

APLIKASI TERBAIK UNTUK MEMBACA KODE QR

Jika tidak ada metode sebelumnya yang tersedia bagi perangkat Anda untuk mengintegrasikan fungsi secara asli, yang terutama terjadi pada ponsel cerdas lama, Anda harus melalui aplikasi pihak ketiga yang tersedia di toko aplikasi .

BACA JUGA  Apa headset bluetooth (nirkabel) terbaik di tahun 2021?

Yang paling terkenal, dan sering direkomendasikan oleh Google, adalah Barcode Scanner Tim ZXing. Ini memiliki manfaat sepenuhnya gratis, ringan dan tanpa iklan apa pun.

“QR & Barcode Scanner (Pro)” adalah judul yang agak panjang dari salah satu aplikasi terlengkap di luar sana. Ini memungkinkan Anda untuk memindai, tetapi juga membuat, Kode-QR atau kode batang, dan menyimpannya dengan riwayat. Ia mengatur semua jenis kode, apakah itu berisi URL sederhana ke halaman web, atau data geolokasi atau bahkan parameter koneksi ke titik akses Wi-Fi.

You May Also Like

About the Author: putratekno

Kami suka sekali dengan perkembangan teknologi dan di sini kami akan berbagi berita tentang teknologi yang terbaru dan terpopuler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *