Cara Melakukan jailbreak pada iPhone Dengan Mudah

Cara Melakukan jailbreak pada iPhone Dengan Mudah

Melakukan jailbreak pada iPhone Anda melibatkan banyak pekerjaan, tetapi Anda mendapatkan akses ke banyak aplikasi tambahan dan penyesuaian untuk iOS. Dengan alat jailbreak tertentu, ini dapat dilakukan dengan cara yang relatif cepat dan aman:

  1. Cari tahu metode jailbreak mana yang tepat untuk Anda. Alat checkra1n dan unc0ver cocok untuk iOS versi terbaru .
  2. Buat cadangan iPhone Anda.
  3. Unduh alat unc0ver untuk iPhone Anda , atau unduh alat checkra1n untuk komputer Mac atau Linux Anda dan hubungkan ke iPhone Anda.
  4. Instal toko aplikasi Cydia untuk mengunduh aplikasi dan penyesuaian yang di-jailbreak.
  5. Gunakan VPN  agar aman dan anonim saat online dengan iPhone yang di-jailbreak.

Juga untuk iPhone yang di-jailbreak, ini adalah pilihan yang baik untuk melindungi diri Anda dengan VPN, yang dapat Anda instal dengan cara yang sama seperti pada iPhone ‘normal’. ExpressVPN bekerja dengan sempurna di hampir semua kasus, termasuk iPhone yang di-jailbreak.

ExpressVPNTindakanTiga bulan sebagai hadiah dengan langganan tahunanKunjungi ExpressVPN

Apakah Anda ingin tahu persis bagaimana proses jailbreak bekerja, atau Anda ingin tahu lebih banyak tentang risiko keamanan jailbreaking? Baca artikel lengkapnya di bawah ini.

Jailbreak memberi pengguna iPhone lebih banyak pilihan untuk mengontrol data mana yang dibagikan dengan siapa. Lebih banyak penyesuaian juga dapat dilakukan pada aksesibilitas perangkat Anda. Kabar baik untuk privasi Anda. Di sisi lain, jailbreak menghilangkan langkah-langkah keamanan, jadi jika Anda tidak melanjutkan dengan hati-hati, ada risiko masalah. Pada artikel ini kami menjelaskan apa itu jailbreak, apa risikonya dan mengapa Anda harus atau tidak ingin melakukannya.

Apa sebenarnya jailbreaking?

Jailbreaking adalah melewati keamanan perangkat, yang membuka lebih banyak kemungkinan untuk digunakan. iOS, sistem operasi iPhone, adalah sistem operasi tertutup. Ini berarti bahwa pengguna dapat (hampir) tidak melakukan penyesuaian pada preferensi pribadi. Oleh karena itu, beberapa pengguna memutuskan untuk melakukan jailbreak pada iPhone mereka agar mereka tetap dapat memeriksa sistem operasinya sendiri.

Sifat iOS yang tertutup juga tidak optimal untuk inovasi. Misalnya, aksesibilitas terbatas iOS membuat lebih sulit bagi amatir untuk memulai dengan perangkat Apple, membuat para penggemar berbakat dan kreatif cenderung tidak berkembang. Pengembang dapat memulai perangkat yang di-jailbreak sesuka hati mereka, tanpa batasan yang biasanya diberlakukan Apple.

Singkatnya, jika Anda menginginkan lebih banyak penyesuaian daripada yang biasanya diizinkan iOS, atau jika Anda menikmati pengembangan iOS sebagai hobi, jailbreaking dapat memberi Anda sedikit kebebasan ekstra.

Jenis jailbreak

Jika Anda akan melakukan jailbreak pada iPhone Anda, ada baiknya mengetahui bahwa ada beberapa jenis jailbreak yang berbeda. Jailbreak ini memanfaatkan kelemahan di iOS dengan berbagai cara. Artinya, beberapa jailbreak memerlukan koneksi antara iPhone dan PC Anda. Namun, tipe lain mengeksploitasi kerentanan tanpa memerlukan koneksi ke komputer:

  • Jailbreak tertambat memerlukan koneksi ke PC atau laptop untuk melakukan jailbreak. Setiap kali perangkat di-boot ulang, perangkat tersebut juga harus disambungkan kembali ke PC atau laptop. Jika itu tidak terjadi, tidak mungkin untuk memulai.
  • Untethered jailbreaks dapat dimulai tanpa koneksi ke laptop atau PC. Cara di mana kerentanan dalam sistem operasi dielakkan begitu kuat sehingga pengguna dapat mematikan dan menghidupkan iPhone sementara jailbreak dipertahankan. Namun, saat jailbreak pertama kali dilakukan, harus ada koneksi ke komputer.
  • Jailbreak semi-tertambat memungkinkan pengguna untuk mereboot iPhone mereka yang telah di-jailbreak. Dalam hal ini, jailbreak akan dihapus, sehingga hanya iOS biasa yang dapat digunakan. Jika pengguna ingin boot dalam mode jailbreak, mereka harus selalu terhubung ke PC atau laptop.
  • Jailbreak semi-untethered mirip dengan untethered, karena tidak diperlukan koneksi ke PC untuk jailbreak. Selain itu, pengguna selalu dapat melakukan boot ulang. Perbedaannya, bagaimanapun, adalah bahwa ia melakukan boot ke versi yang tidak di-jailbreak, setelah itu pengguna harus melakukan jailbreak lagi melalui aplikasi pada perangkat. Ini membutuhkan usaha, karena aplikasi jailbreak tentu saja tidak disetujui oleh Apple. Jika instruksi diikuti dengan benar, jenis jailbreak ini sangat ramah pengguna.
BACA JUGA  4 Cara Mendapatkan Title "Weapon Master" Di PUBG Mobile

Cydia

Jika Anda ingin melakukan jailbreak pada iPhone Anda, disarankan untuk menginstal Cydia. Cydia adalah manajer paket, dengan kata lain semacam toko aplikasi. Sejauh ini, ini adalah toko aplikasi yang paling banyak digunakan untuk perangkat yang di-jailbreak. Karena hampir semua jailbreak aktif di Cydia, ini juga merupakan cara paling andal untuk mengunduh aplikasi dan penyesuaian. Di bawah ini adalah beberapa contoh aplikasi dan penyesuaian populer yang dapat Anda temukan di Cydia:

  • Filza  adalah pengelola file untuk iPhone yang di-jailbreak yang menyediakan lebih banyak opsi daripada aplikasi standar di iOS yang tidak di-jailbreak. Filza juga kompatibel dengan layanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive.
  • iCleaner Pro adalah aplikasi pembersih untuk iOS dengan banyak opsi yang tidak tersedia di iOS normal. Ini termasuk mengaktifkan dan menonaktifkan proses startup yang berjalan di latar belakang, atau menghapus bahasa yang tidak digunakan dari keyboard Anda.
  • Activator  adalah aplikasi yang memberikan kontrol penuh atas kontrol sentuh. Aplikasi ini mendukung kontrol sentuh khusus untuk aplikasi lain di Cydia. Dengan Activator, Anda juga dapat mengatur kontrol khusus untuk semua jenis tindakan. Ini termasuk memutar musik, membuka aplikasi tertentu, atau (membuka) mengunci layar Anda.
  • iTorrent  adalah aplikasi yang digunakan banyak jailbreak untuk mengunduh torrent.

Oleh karena itu, jailbreaking dapat ditujukan untuk memperluas fungsionalitas, seperti dengan aplikasi seperti Filza dan Activator. Di sisi lain, ada juga aplikasi seperti iTorrent atau iCleaner Pro yang dimaksudkan untuk tujuan tertentu. Keempat contoh ini hanyalah sebagian kecil dari yang tersedia saat Anda menggunakan Cydia. Jika Anda akan melakukan jailbreak, luangkan waktu untuk meneliti aplikasi mana yang sesuai dengan preferensi Anda.

Bagaimana Anda bisa melakukan jailbreak pada iPhone Anda?

Ada banyak cara untuk melakukan jailbreak pada iPhone Anda, tetapi ada sejumlah alat populer yang digunakan oleh sebagian besar jailbreaker. Untuk iOS versi terbaru, ini adalah checkra1n dan unc0ver. Alat-alat ini relatif ramah pengguna, karena jelas langkah mana yang harus Anda lalui. Kedua alat tersebut juga memberi Anda opsi untuk menginstal Cydia setelah jailbreak.

Penting untuk disadari bahwa alat jailbreak memanfaatkan kelemahan di iOS. Kelemahan tersebut pertama-tama harus ditemukan oleh pengembang alat jailbreak, jadi ini berarti Anda belum bisa melakukan jailbreak pada versi iOS terbaru. Bagaimanapun, pengembang harus terlebih dahulu menemukan kerentanan dalam sistem.

Pada saat penulisan, Checkra1n hanya berfungsi untuk semua iPhone dari 6s hingga iPhone X, tetapi berfungsi untuk semua versi iOS dari 12,3 dan seterusnya. Unc0ver juga berfungsi dengan iPhone XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro dan 11 Pro Max, untuk iOS 11 hingga 13.5.

ALAT JAILBREAKVERSI IOS YANG KOMPATIBELVERSI IPHONE YANG KOMPATIBEL
Unc0veriOS 12.3 hingga iOS 13.5Semua iPhone dengan versi iOS yang benar
Checkra1niOS 12.3 atau lebih tinggi6S ke iPhone X

dapat digulir

Unc0ver

Pada prinsipnya, siapa pun dengan iPhone dan iOS 12.3 atau lebih baru dapat menggunakan unc0ver. Dalam hal ini, tidak diperlukan koneksi ke PC atau laptop. Sebelum Anda memulai jailbreak, ada gunanya membuat cadangan , karena selalu ada yang salah dan Anda akan kehilangan file. Catatan : Versi iOS dari 13.3.1 dan seterusnya belum mendukung jailbreak tanpa PC pada saat penulisan, jadi mohon jangan perbarui ke versi yang lebih baru jika Anda ingin menggunakan unc0ver hanya dengan iPhone Anda. Dukungan ini masih dikerjakan.

Setelah membuat cadangan, unduh dan instal alat unc0ver di iPhone Anda dari jailbreakme.app . Jika aplikasi berfungsi, ikon akan muncul di layar beranda (kiri pada gambar di bawah) dan Anda dapat membukanya. Kemudian layar di sebelah kanan tangkapan layar akan muncul saat Anda membuka aplikasi.

  1. Jika penginstalan berhasil, lanjutkan ke langkah 8 . Namun, penginstalan mungkin gagal karena Sertifikat Perusahaan Pengembang untuk alat unc0ver telah kedaluwarsa. Dalam hal ini, iPhone Anda akan memberi tahu Anda bahwa penginstalan tidak berhasil.
  2. Hapus aplikasi unc0ver dan unduh lagi. Segera setelah mengunduh, buka layar beranda Anda dan jeda penginstalan dengan mengetuk ikon unc0ver.
  3. Buka Pengaturan lalu gulir ke Safari. Di pengaturan Safari, gulir ke bawah dan hapus riwayat dan data situs web Anda.
  4. Kembali ke layar beranda Anda dan ketuk aplikasi unc0ver. Sekarang menunjukkan status “memuat”. Segera setelah aplikasi melompat dari “memuat” ke “memasang”, alihkan iPhone Anda ke mode pesawat.
  5. Unc0ver diinstal. Kemudian matikan mode pesawat.
  6. Kembali ke Pengaturan dan kemudian ke Umum. Gulir ke Profil & Manajemen Perangkat. Kemudian klik tombol di bawah Aplikasi Perusahaan dan klik dua kali pada Trust.
  7. Kembali ke Pengaturan -> Safari dan hapus riwayat dan data situs web Anda lagi. Kemudian kembalikan iPhone Anda ke mode pesawat.
  8. Buka unc0ver. Klik Jailbreak lalu OK. Unc0ver sekarang mengambil snapshot dari iOS Anda sehingga Anda dapat membalik jailbreak di kemudian hari.
  9. IPhone Anda akan reboot. Kembali ke unc0ver dan klik Jailbreak lagi. Sebuah pesan mengikuti dengan “jailbreak complete”; klik OK. IPhone Anda sekarang telah di-jailbreak.
BACA JUGA  Apa headset bluetooth (nirkabel) terbaik di tahun 2021?

Checkra1n

Checkra1n adalah jailbreak semi-tertambat, yang membutuhkan koneksi ke laptop atau PC. Aplikasi checkra1n kompatibel dengan macOS atau Linux; Windows tidak didukung. Untuk orang yang tidak memiliki akses ke sistem operasi macOS atau Linux, kami merekomendasikan jailbreak unc0ver. Di sini juga: buat cadangan file Anda. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda perlu mengikuti langkah-langkah ini untuk checkra1n:

  1. Unduh dan instal alat checkra1n di PC atau laptop Anda dari checkra.in dan buka.
  2. Hubungkan iPhone Anda ke PC atau laptop Anda. Jika semuanya berhasil, Anda akan melihat jendela di bawah ini.
  3. Opsional : checkra1n mungkin menunjukkan bahwa sistem operasi Anda tidak didukung, meskipun seharusnya demikian. Dalam hal ini, iPhone Anda harus terhubung dalam Mode Pemulihan. Checkra1n memberikan instruksi yang tepat untuk itu di jendela.
  4. Jika logo Apple muncul, iPhone berada dalam Mode Pemulihan, setelah itu checkra1n akan menginstruksikan Anda untuk memasukkan iPhone ke mode DFU. Ikuti instruksi di layar Anda dan tunggu. Anda akan melihat pesan di bawah ini di komputer Anda.
  5. Checkra1n sekarang mem-boot iPhone dalam mode jailbroken. Jailbreak selesai!

Risiko jailbreak iPhone

Karena jailbreak pada dasarnya bukan untuk iPhone, selalu ada kemungkinan ada yang tidak beres. Terutama karena ada begitu banyak manual yang tersedia secara online, Anda tidak mungkin tahu persis apa yang diperlukan setiap penyesuaian pada perangkat Anda. Oleh karena itu, selalu pertimbangkan masalah potensial dan hanya gunakan alat jailbreak yang dikenal.

Setelah Anda menyelesaikan jailbreak, garansi iPhone Anda tidak lagi berlaku. Ini berarti Anda bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Jadi Apple tidak harus memberikan dukungan jika iPhone Anda rusak, meskipun penyebab masalah Anda tidak ada hubungannya dengan jailbreak.

Apakah Pembobolan Penjara Ilegal?

Jailbreak sendiri tidak ilegal, selama Anda memiliki perangkat Anda. Tidak ada undang-undang di Belanda yang melarang pembobolan penjara. Ada aktivitas ilegal tertentu yang dimungkinkan oleh jailbreaking. Misalnya, mengunduh aplikasi yang biasanya harus Anda bayar secara gratis tidak diizinkan oleh undang-undang. Namun, ini menjadi mungkin jika Anda melakukan jailbreak pada iPhone Anda. Juga jauh lebih mudah dengan perangkat yang di-jailbreak untuk mengakses aplikasi dengan tujuan ilegal. Namun, selama Anda tidak mengejar tujuan jahat, jailbreaking legal.

Risiko keamanan dari jailbreak iPhone

Risiko jailbreak lain disebabkan oleh penghapusan apa yang disebut ‘kotak pasir’. Perangkat yang tidak di-jailbreak menjalankan aplikasi di lingkungan terkunci, kotak pasir. Ini memastikan bahwa aplikasi tidak dapat memengaruhi seluruh sistem. Dengan perangkat yang di-jailbreak, kotak pasir itu dihapus, yang berarti secara teori aplikasi dapat membuat perubahan pada sistem Anda.

Dalam praktiknya, ini tidak terjadi dengan aplikasi yang sah, karena kode aplikasi tidak ditulis untuk berinteraksi dengan sistem. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan penelitian yang baik tentang aplikasi yang ingin Anda instal dari Cydia. Aturan praktisnya: jangan memasang apa pun yang tidak Anda ketahui dan menginvestasikan waktu dalam penelitian pendahuluan. Dalam ulasan dan forum online, Anda dapat menemukan banyak informasi yang dapat digunakan untuk menentukan apakah suatu aplikasi atau tweak dapat dipercaya.

BACA JUGA  Cara Hapus semua data dari iPhone atau iPad

Jangan pernah menginstal aplikasi versi bajakan dari Cydia. Pengembang aplikasi untuk Cydia secara teratur membangun mekanisme di mana pengguna ‘dihukum’ karena memasang versi aplikasi yang tidak asli. Misalnya, seorang pengguna Reddit melaporkan bahwa dia secara permanen mendapatkan gambar latar belakang bajakan setelah menginstal versi kustomisasi bajakan.

Perangkat lunak perusak

Telah terjadi di masa lalu bahwa malware , termasuk worm, ditemukan pada perangkat yang di-jailbreak . Namun, di hampir semua kasus, ini bukanlah konsekuensi dari jailbreaking itu sendiri, tetapi dari tindakan pengguna setelah jailbreak. Namun, telah ditetapkan bahwa risiko malware meningkat setelah jailbreak hanya karena keamanannya hilang. Di sisi lain, sebagian terserah Anda apakah Anda mengunduh aplikasi yang ternyata berisi perangkat lunak berbahaya. Sekali lagi, jika Anda tidak yakin suatu aplikasi tidak menyebabkan masalah bagi Anda, jangan mengunduhnya.

Pribadi

Prinsipnya, aturan yang sama berlaku untuk risiko privasi. Jangan gunakan apa pun yang informasinya terlalu sedikit. Di sisi lain, aplikasi tertentu dari Cydia justru dapat memperkuat privasi Anda. PrivaCy, misalnya, adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna memeriksa statistik penggunaan mana yang diunggah ke server lain. Ini jauh lebih ramah pengguna daripada harus mengatur ini untuk setiap aplikasi secara terpisah.

Sama seperti pada iPhone biasa, Anda dapat menggunakan sebuah VPN di iPhone Jailbroken untuk tetap anonim di internet. Tidak ada kasus bahwa aplikasi yang bekerja dengan baik pada iPhone yang tidak di-jailbreak tidak akan berfungsi lagi pada iPhone yang di-jailbreak. Jadi Anda bisa mengatur VPN di iPhone seperti biasa. Ini memastikan bahwa data Anda dikirim dengan terenkripsi dan alamat IP Anda tidak dapat dikenali. Dengan cara ini, Anda juga bisa online secara anonim di iPhone yang sudah di-jailbreak.

Amankan iPhone Anda yang sudah di-jailbreak

Pertama-tama, tidak melakukan jailbreaking selalu lebih aman daripada jailbreaking. Karena ini benar-benar tentang menerobos keamanan sistem, jailbreaking hanya dalam beberapa kasus memiliki efek meningkatkan keamanan perangkat Anda. Namun, jika Anda sedikit paham teknologi, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat iPhone Anda lebih aman.

Misalnya, mematikan akses jarak jauh adalah ide yang bagus. Selain itu, selalu bijaksana untuk mengaktifkan kembali penandatanganan kode iOS setelah jailbreak. Dimungkinkan juga untuk mengaktifkan kotak pasir hingga level iOS normal. Ini adalah tindakan yang membutuhkan beberapa pekerjaan, dan itu tidak mungkin dilakukan oleh orang awam. Jika Anda akan melakukan jailbreak dengan pengetahuan teknis terbatas, sangat berhati-hati adalah saran terbaik untuk mengamankan perangkat Anda.

Batalkan jailbreak iPhone

Anda dapat membatalkan jailbreak Anda dengan checkra1n dan unc0ver. Pada prinsipnya, Anda sudah dapat kembali ke status pra-jailbroken iPhone Anda hanya dengan me-reboot, karena ini membatalkan seluruh proses dengan jailbreak semi-tertambat dan semi-untethered.

Namun, jika Anda ingin memastikan tidak ada jejak jailbreak di iPhone, Anda dapat memulihkan iPhone dari PC atau laptop dengan iTunes. Metode di bawah ini akan sepenuhnya membatalkan proses jailbreak Anda:

  1. Hubungkan iPhone yang sudah di-jailbreak ke komputer Anda dan buka iTunes.
  2. Pilih iPhone Anda dari kolom kiri iTunes.
  3. Di bawah tab Ringkasan Anda akan melihat tombol ‘Pulihkan’. Klik itu untuk memulai.
  4. Sebuah pesan akan muncul menanyakan apakah Anda ingin membuat cadangan. Klik ya. Kemudian pemulihan dimulai.
  5. IPhone Anda akan reboot sendiri secara otomatis. Sebuah pertanyaan kemudian akan muncul apakah Anda ingin memulihkan dari cadangan. Jika Anda ingin memulihkan aplikasi dan file Anda dari sebelum jailbreak, klik yes.
  6. Saat pencadangan dan pemulihan selesai, jailbreak akan dibatalkan.

Kesimpulan

Jelas bahwa melakukan jailbreak pada iPhone Anda membuka banyak kemungkinan baru yang biasanya tidak Anda miliki dengan iOS. Di sisi lain, tidak ada langkah-langkah keamanan yang dibangun Apple secara gratis. Singkatnya, tanggung jawab pengguna jauh lebih besar dengan iPhone yang di-jailbreak. Namun, jika Anda tahu cara menangani tanggung jawab itu dengan benar, jailbreaking dapat memberi Anda pengalaman yang lebih baik saat menggunakan iOS di iPhone Anda.

Penafian: perhatikan bahwa teks di atas hanya mencoba memberikan informasi tentang risiko dan peluang yang ditawarkan oleh jailbreaking. Namun, Anda selalu bertanggung jawab untuk membaca dan bertindak sesuai dengan undang-undang dan peraturan terbaru terkait jailbreaking.

You May Also Like

About the Author: putratekno

Kami suka sekali dengan perkembangan teknologi dan di sini kami akan berbagi berita tentang teknologi yang terbaru dan terpopuler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *